Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia Kabupaten Pesawaran, di SMPN 26 Pesawaran, Desa Karang Anyar, Kecamatan Gedongtataan.

Website Resmi Mitra Bentala

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia Kabupaten Pesawaran, di SMPN 26 Pesawaran, Desa Karang Anyar, Kecamatan Gedongtataan.

600 Siswa Pesawaran Rayakan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun

Pemerintah Kabupaten Pesawaran bersama Mitra Bentala dan SNV Indonesia memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Internasional, Selasa, 5 November 2019. Agenda tersebut melibatkan enam ratus siswa TK, SD, dan SMP di Gedong TataanPesawaran yang diadakan di SMPN 26 Pesawaran .

Dalam kesempatan tersebut, Dendi Ramadhona Bupati Pesawaran meminta seluruh sekolah terlibat aktif mengajak siswa untuk hidup sehat. Ia meminta setiap sekolah untuk melengkapi fasilitas sanitasi sehat. “Saya harap kepala sekolah bisa memenuhi akses sanitasi seperti toilet sekolah yang sehat, tempat cuci tagan dengan air mengalir dan pengelolaan sampahnya,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Mitra Bentala Mashabi berharap agar kegiatan tersebut tidak sebatas seremonial. Menurutnya, kebiasaan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit¬† diare 50%. “Maka sangat penting membiasakan diri untuk selalu cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir terutama pada anak-anak,” ujar Mashabi.

Rangkaian acara dengan praktek CTPS massal, penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan sanitasi sekolah yang sehat dan berkelanjutan.  Tema pada tahun ini adalah Tangan Bersih Untuk Semua.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabu sendiri jatuh setiap tanggal 25 Oktober. Peringatan tersebut bertujuan untuk memperingati masyarakat akan pentingnya cuci tangan pakai sabun. Terlebih, melihat tingginya kematian bayi akibat diare.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *