Penanaman 600 Pohon Mangrove di Desa Batu Menyan Pesawaran

Website Resmi Mitra Bentala

Penanaman 600 Pohon Mangrove di Desa Batu Menyan Pesawaran

PMII FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG dan KOMUNITAS MAHASISWA PERTANIAN CINTA LINGKUNGAN UNIVERSITAS LAMPUNG bekerjasama dengan Mitra Bentala dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung yang diwakili oleh Bpk. Murni Rizal selaku Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung melakukan aksi penanaman mangrove sebanyak 600 bibit mangrove di pesisir pantai desa batu menyan kabupaten pesawaran. 26/10/2019

Tema dari aksi ini adalah “mengembalikan budaya mahasiswa yang teoritis, aktif dan praktis”. Menurut Dicky Rachmansyah selaku ketua komunitas mahasiswa cinta lingkungan, aksi ini dipicu oleh rasa kekhawatiran mahasiswa pertanian dengan keadaan pesisir pantai di lampung. Tujuan dilaksanakan aksi ini untuk membentuk budaya mahasiswa agar lebih memperhatikan lingkungan dan aktif sebagai penggiat lingkungan.

Hal serupa juga disampaikan oleh sekretaris dinas Lingkungan Hidup prov.Lampung Bpk. Murni Rizal, beliau menghimbau agar kegiatan seperti ini menjadi program rutin komunitas. Dimana tidak hanya menanam saja, melainkan melakukan monitoring terhadap bibit yg telah ditanam atau pun kegiatan lain yang kaitan nya dengan melestarikan lingkungan.

Karena manfaat mangrove (bakau) sendiri sangat banyak untuk kita, antaralain “sbg pencegah intrusi air laut, erosi dan abrasi pantai, sebagai tempat hidup & sumber makanan bagi beberapa jenis satwa dan berperan penting dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.” Untuk itu beliau sangat berharap banyak kepada teman teman mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan pesisir di lampung khususnya dalam pengelolaan mangrove secara terpadu untuk menjaga kelestarian di masa mendatang. Sebab setiap tahun, 52 ribu hektar mangrove indonesia hilang dari total hutan mangrove seluas 3,1 juta hektar atau 22,6 % dari mangrove di dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *